8 Februari 2013

Parameter Backlink


Membahas tentang SEO, ada parameter yang mungkin penting untuk setiap blog. Parameter tersebut adalah Membangun Backlink Blog, ya dengan mempunyai internal link yang cukup banyak dan berkualitas, blog kita bisa bertahan di SERP papan atas search engine. Parameter backlink sendiri ditentukan oleh 2 faktor utama, yaitu Kuantitas Backlink dan juga Kualitas Backlink.
Kuantitas backlink adalah banyaknya link internal yang mengarah ke blog kita. Artinya blog kita akan ikut tercraw oleh bot search engine jika mesin tersebut mengunjungi blog atau situs yang di dalamnya ada link yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak link yang mengarah ke situs akan semakin bagus untuk blog kita. Bagaimana cara mendapatkan link internal tersebut? Banyak caranya, misalnya saja kita sering blogwalking dan meninggalkan jejak di blog tersebut. Cara lainnya adalah dengan saling bertukar link, atau bisa juga dengan submit ke social bookmark yang menganut sistem dofollow. Dengan submit di situs iklan juga bisa mendatang link internal ke blog kita.
Kualitas Backlink adalah bobot dari link internal yang kita dapatkan. Misalnya saja dari blog atau situs yang mempunyai peringkat lebih bagus dari blog kita. Cara untuk mendapatkannya selain dengan cara diatas, kita bisa membuat artikel yang bagus sehingga menjadi referensi bagi pembaca. Cara lain adalah kita bisa membeli atau meminta tukeran dengan situs yang mempunyai PR tinggi. Anchor teks dari link yang kita pasang di blog lain sesuai dengan keyword yang kita bidik, dan masih banyak lagi caranya.

Beberapa Parameter Backlink yang perlu diperhatikan pada dunia blogger :
1.Pagerank
Pagerank merupakan sistem algoritma google dengan peringkat yang diberikan search engine Google dengan angka dari 0 sampai 10. Semakin tinggi angka (nilainya) konon makin bagus, perhitungan Pagerank Google sebenarnya mudah saja jika dikaitkan dengan Backlink. Jika Backlink yang kita peroleh berkualiatas seperti yang didapat dari blog/web yang sudah kondang dan berpagerank lebih dari blog kita sendiri maka itu mungkin bisa disebut kualitas Backlink yang baik. Selain itu google juga menghitung kualitas jumlah backlink dari link dofollow yang menuju url lain itu.

2. Rel Dofollow dan Nofollow
Rel Dofollow dan Nofollow merupakan sebuah atribut jenis suatu link yang dapat dikatakan link live for life and death. Jika Atribut Dofollow memberikan informasi kepada Search Engine (SE) untuk menambah, memberi pengaruh peningkatan rank pada target linik dari suatu teks hyperlink. Maka tidak jauh berbeda Atribut Nofollow adalah kebalikannya yaitu tidak memberi pengaruh peningkatan rank pada target link itu sendiri.

3. Jenis backlink
Wah, ternyata jenis backlink pun juga menentukan, seperti Link satu arah yang biasa disebut One Way Link umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan link bertautan (Two Way Link) pada umumnya seperti blog/web yang bertukar link.

4. Lokasi link
Lokasi Link ternyata juga bisa mempengaruhi bagaimana baiknya kualitas link. Search Engine (Mesin Pencari) lebih menyukai link yang dibangun secara alami. Artinya Backlink yang ditulis sendiri lebih baik jika dibandingkan dengan link terdapat dalam suatu komentar atau dalam kata lain Link dalam isi posting misalkan di suatu forum lebih bagus kualitasnya.

5. Jenis Domain
Menurut master SEO dan dah dari dulu diterapkan, backlink yang berasal dari domain seperti .gov dan .edu akan memilki kualitas yang jauh lebih bagus juka dibandingkan domain manapun. Itu berdasarkan Opini yang telah dibuktikan menjadi suatu fakta.

6. Tema Blog/Web
Tema atau isi blog pun juga menentukan untuk baik tidaknya backlink. Disini dapat diartikan bahwa link dari web atau blog dengan satu niche (tema) akan lebih baik jika dibandingkan dengan link dari url web yang tidak setema. Sebagai contoh misal saya memiliki web/blog yang bertema tentang cinta dari link web/blog lain yang berisi tentang download game. Nah karena berbeda tipe tema maka kemungkinan akan lebih buruk kualitanya. maka link dari sesama blog niche yang sama atau tidak jauh berbeda, misal blog game dengan blog game, kualitas backlinknya akan lebih bagus.

7. Anchor text
Tanpa kita sadari Anchor Text juga memilki peranan penting dalam hal SEO. Mengapa begitu?? Ya, karena pada link/url tersebut anchor text yang telah dituliskan akan diikuti dan diingat oleh mesin pencari (SE). Maka Url dengan banyak backlink yang diikuti anchor text tertentu maka Search Engine akan memberi posisi yang lebih bagus.

8. Ragam domain dan ip
Pengaruhnya pada ragam domain dan ip disini terletak pada jumlahnya link. semisal: 200 backlink yang berasal dari satu domain yang sama, tentu backlinknya akan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan 200 backlink dari 200 domain dan ip yang berbeda. Maka dari itu semisal bisa anda coba sendiri dengan sub domain blogspot dengan backlink dari sub domain wordpress, pasti akan berbeda.
semoga postingan ini bermanfaat bagi teman-teman yang sering mampir dan baca-baca di [R][B] Community.

6 komentar:

  1. wah, keren artikelnya gan.
    semoga sukses selalu. jangan lupa komen backnya di http://rasyiduchiha.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia gan sama2 siap meluncur (b)

      Hapus
    2. Blog ente gak bisa di comment bagaimana tuh mau comment :-d

      Hapus
  2. no 1 2 5 itu yg paling ngefek menurut aku :)

    BalasHapus
  3. Biasanya saya nyari backlink yg relefansinya tinggi dan dofollow :)

    BalasHapus

Dalam berkomentar, harap memperhatikan hal-hal berikut :
1. Komentar tidak mengandung unsur SARA
2. Tidak memprovokasi pihak lain
3. Tidak mengadu domba
4. Tidak menimbulkan perselisihan
5. Tidak saling menjatuhkan
6. Komentar Link atau Sponsor langsung saya hapus!

Bila anda tidak mnaati peraturan diatas, maka penulis berhak untuk menghapus komentar anda.